Selasa, 03 November 2009

Definisi Segmentasi Pasar

Definisi Segmentasi Pasar

Swastha & Handoko (1997) mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
Sedangkan definisi yang diberikan oleh Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
Di lain pihak Pride & Ferrel (1995) mendefinisikan segmentasi pasar sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Ada lagi pendapat Swastha & Handoko (1987) yang merumuskan segmentasi pasar adalah suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen–segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix.
Menurut Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254) pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307.
Manfaat dan Kelemahan Segmentasi
Banyaknya perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variabel tertentu. Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain:
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.

SEGMENTASI MANFAAT BERDASARKAN HARGA MURAH, OBAT-OBATAN, KUALITAS, INOFATIF, dan TEKNOLOGI BARU

I EKONOMI (harga murah)
1. Sabun mandi batang Semua usia kalangan menengan ke bawah Wilayah Pedesaan dan perkotaan
2. Shampo sachet Semua usia Wilayah Desa dan perkotaan
3. Gula pasir Ibu Rumah Tangga Wilayah Pedesaan dan perkotaan
4. Makanan ringan anak-anak Wilayah Pedesaan dan perkotaam
5. Susu shaset menengah kebawah Wilayah Pedesaan dan perkotaan
6. Kipas angin menengah kebawah WilayahPedesaan dan perkotaan
7. Radio Menengah kebawah Semua wilayah
8. HP < 300.000 menengah kebawah Wilayah Perkotaan
9. Printer suntikan Menengah ke bawah Wilayah perkotaan
10. Sandal jepit Semua usia menengah kebawah Wilayah Perdesaan dan perkotaan

II MEDIS (obat-obatan)
1. Obat Diare wana kuning Usia > 20 tahun Wilayah Perdesaan dan perkotaan
2. Obat Sakit gigi bagus Usia > 16 tahun Wilayah Perdesaan dan perkotaan
3. Obat maag wana hijau Usia > 15 tahun Wilayah Perdesaan dan perkotaan
4. Koyo gambar onta Semua kalangan usia >12 tahun Wilayah Pedesaan dan perkotaan
5. Vitamin gambar ikan Semua kalangan Usia > 35 Semua wilayah
6. Minyak gosok gambar tawon Semua kalangan Wilayah Pedesaan dan perkotaan
7. Minyak hangat warna hijau Semua usia Semua wilayah
8. Pil wakil gubernur Semua kalangan usia >15 Semua wilayah
9. Tetes mata gambar orang Pria dan wanita dewasa Wilayah Pedesaan dan perkotaan
10. Salep warna orange Semua usia dan semua kalangan Semua Wilayah

III Kualitas
1. HP produk Amerika Usia >15 tahun dengan tingkat pendapatan menengah keatas Wilayah Perkotaan
2. Bensin Murni Berwarna biru Kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
3. Bensin Murni berwarna kuning Semua kalangan Wilayah Perkotaan
4. Profeder masuk hutan Semua kalangan dari tkg Ojek hingga Pejabat Wilayah Pedesaan dan Perkotaan
5. Susu bubuk logo beruang Kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
6. Mobil dengan logo “H” kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
7. Televisi > 5.000.000 kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
8. Parfum bernama artis Holiwood Perempuan kalangan menengah ke atas Wilayah Perkotaan
9. Sepatu berlogo garis 3 Berusia 13-30 tahun dengan tingkat pendapatan menengah keatas Wilayah Perkotaan
10. Baju kemeja berinisial “E” untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan

IV Aksesoris kamera (inovatif)
1. Baterai tahan lama Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
2. Lensa 60mm-200mm Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
3. Lensa tamron 200mm Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
4. Tali kamera Untuk semua kalangan Wilayah Perkotaan
5. Tas kamera Untuk semua kalangan Wilayah Perkotaan
6. Tutup lensa Untuk semua kalangan Wilayah Perkotaan
7. Memory kamera Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
8. Cashan kamera Untuk semua kalangan Semua wilayah
9. Lampu blitz Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
10. Kaki tempat kamera Untuk kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan

V Mobil (teknologi baru)
1. si lepang Untuk kalangan menengah ke atas Wilayah Perkotaan
2. si bensin irit kalangan menengah keatas Wilayah Perkotaan
3. Masih muat Semua kalangan Wilayah Perkotaan
4. Si robotchop kalangan keatas Wilayah Perkotaan
5. Si irit hingga 1ltr-40km Semua kalangan Bawah-Atas Wilayah Perdesaan dan perkotaan
6. Matik irit Semua kalangan Atas Wilayah Perkotaan
7. si ngebut stabil Semua kalangan atas Wilayah Perkotaan
8. si tiada duanya Semua kalangan Wilayah Perkotaan
9. si kuat tangguh Kalangan industri Wilayah Perkotaan dan pedesaan
10. si bebas asap Semua kalangan Wilayah Perkotaan


Referensi : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar